Tuesday 21 May 2013

Penghantaran Kalor

Penghantaran Kalor

             Merupakan tranport energi antara elemen volume yang  bertetangga ,yang  ditimbulkan oleh perbedaan temperatur antar elemen tersebut.

Ilustrasi:




                   Jadi sepotong bahan berbentuk lempengan dengan tebal ∆x dan luas A .Salah satu permukaannya dipertahankan pada temperatur θ dan yang lainnya dengan temperatur θ+ ∆θ.Kalor Q yang mengalir tegak lurus permukaan selama waktu Ï„ tertentu.

 Rumusan Penghantaran Kalor 

 
                  Dalam perumusan penghantaran kalor ,ditunjukkan bahwa hargaθ tertentu,Q berbanding lurus dengan waktu dan luas permukaan.Juga untuk waktu dan luas permukaan  berbanding lurus dengan hasil bagiθ/ ∆x.Merupakan hampiran jika ∆x danθ berhingga tetapi tidak jika ∆x danθ  mendekati nol.Jika kita rampatkan hasil itu untuk infertesimal yang tebalnya dx dan perbedaan temperaturnya dθ menunjukkan tetapan perbandingan K. Turunan  dθ/dx disebut gradien temperatur.Tanda minus dimasukkan ke dalam arah positif aliran kalor bersesuaian dengan arah positif x,supaya benar-benar dalam arah positif x maka arah ini harus sesuai dengan arah  K yang dikenal sebagai konduktivitas termal.Suatu zat yang memiliki kondisi termal yang besar disebut penghantar termal.

Konduktivitas Termal

         Suatu fenomena transport dimana perbedaantemperatur menyebabkan transfer energi termal dari suatu daerah benda panas ke daerahyang lain dari benda yang sama pada temperatur rendah.

 
     Ilustrasi bila benda yang diteliti logam

 

                Benda pada ilustrasi di atas  berbentuk sebagai batang dan salah satu ujungnya dipanaskan secara listrik sedangkan ujung yang lainnya dialiri aliran air.Permukaan batang tersekat termal dan kalor yang melalui penyekat  dapat dihitung  dengan mengurangi laju kalor yang dialiri air dari laju energi listrik yang diberikan.

      Ilustrasi bila benda bukan logam 


 

 

 

No comments:

Post a Comment